SEKAPUR SIRIH KETUA OSIS

Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada kita semua, salawat dan salam marilah kita mohonkan kepada allah agar disampaikannya kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad SAW.
Tidak ada yang tidak bisa kita lakukan jika ada kemauan, usaha, doa, dan tawakal. Hal itulah yang seharusnya siswa/siswi SMAN 3 BATUSANGKAR renungkan dan dijadikan sebagai motivasi dalam keseharian. SMAN 3 BATUSANGKAR sebagai sekolah dengan program layanan keunggulan adalah suatu pabrik yang nantinya akan memproduksi para pemuda/pemudi calon pemimpin masa depan yang cerdas IPTEK dan mapan IMTAQ nya.
SMAN 3 BATUSANGKAR menjadikan siswa/siswinya untuk mandiri dan berakhlak mulia, mengusai teknologi, peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar yang tentunya nanti akan mengantarkan kita semua ke jenjang pendidikan yang yang lebih tinggi dan lebih baik lagi. Murid SMAN 3 BATUSANGKAR merupakan siswa/siswi pilihan, tidak hanya memiliki kemampuan akademis namun juga memiliki berbagai macam talenta. Karena itu OSIS sebagai satu-satunya organisasi resmi siswa di sekolah akan terus berusaha menyediakan wadah untuk mengembangkan bakat dan kemampuan akademis maupun non akademis dari siswa/siswi SMAN 3 BATUSANGKAR.
Namun demikian perlu kita pahami jalan hidup tak selamanya lurus, kadang berintang dan kadang bergelombang . Oleh sebab itu kita harus tetap semangat dan pantang menyerah dalam menghadapi hidup ini. Ingatlah sesuatu hal yang besar itu tidak terjadi begitu saja, namun sesuatu hal yang besar itu merupakan rangkaian dari hal-hal yang kecil yang dilaksanakan dengan baik dan sempurna.

TERTANDA


NILWAN WIZE ANANDA Z.
(Ketua OSIS tahun 2010 / 2011)

Kemah Bakti Siswa SMA N 3 Batusangkar (Program Keunggulan) Tanah Datar di Nagari Gurun Kec. SUngai Tarab Tahun 2010





Kepala SMA N 3 Batusangkar, Drs.Masrizal Boer, bersama Camat Sungai Tarab,
beserta rombongan lagi menikmati pertunjukan Silat Klosal dan Instrumen Musik Talempong



SMA N 3 Batusangkar (Program Layanan Keunggulan) Tanah Datar adakan KBS (Kemah Bakti Siswa) pada 8-10 Januari 2010, yang bertempat di Jorong Sitakuak, Nagari Gurun, Kec.Sungai Tarab,Tanah Datar. KBS kali ini dalam rangka peringatan hari ulang tahun sekolah yang ke-4.
Tiap setahun sekali kegiatan ini selalu diadakan yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, siswa, guru dan pegawai sekolah. Lain dari pada yang lain, KBS SMA N 3 yang dikenal dengan SMA Unggul itu dibuka dengan penampilan Silat Klosal (massal) dengan aliran Kumango yang melibatkan seluruh anak kelas XI dengan jumlah 70 orang, karena SMA Unggul ini hanya menampung 3 lokal tiap kelasnya, yang terdiri dari siswa-siswa pilihan. Silat Klosal ini dilakukan dengan menampilkan jurus tunggal, berbagai tangkisan dan tangkapan serta laga ganda yang dimainkan oleh empat orang di hadapan penonton dan warga Sitakuak yang ramai menghadiri pertunjukan itu, tutur Edi Maizul,pembina Osis yang didampingi Don Arpin, guru silat SMA 3.




Para Pesilat SMA N 3 Batusangkar
saat KBS di lapangan bola Sitakuak, Sungai Tarab, Tanah Datar



KBS (Kemah Bakti Siswa) ini bertujuan untuk merealisasikan jiwa pramuka pada siswa, agar dapat bersosialisasi dengan masyarakat dan alam sekitar. Karena pada saat sekarang ini, pada umumnya sekolah hanya menempa dan mendidik siswa tentang ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun falsafat minangkabau kita, yaitu : Alam Takambang Jadi Guru, tak lagi terlaksana. Padahal belajar dari alam akan mendidik siswa untuk bersikap arif dan bijaksana, sedangkan belajar di sekolah pada umumnya hanya membuat siswa cerdas semata. Orang Minangkabau haruslah arif dan bijaksana. Orang cerdas belum tentu ia arif, sedangkan orang yang arif adalah orang yang tidak hanya cerdas diwaktu lapang, tapi juga cerdas di waktu sempit. Ungkap Masrizal Boer, yang menjabat sebagai kepala SMA Unggul ini.
Rencananya yang membuka acara ini adalah bupati Tanah Datar, namun bersamaan dengan kedatangan pengakap Malaysia ke Batusangkar, acara KBS dibuka oleh Camat Sungai Tarab yang akrab di sapa dengan Buk Ita. Yang juga dihadira oleh Wali Nagari Gurun, dan Wali Jorong Sitakuak. Selain itu atraksi instrumen musik talempong pun juga ikut ditampilkan dengan berbagai nyanyian tradisional yang membuat warga Sungai Tarab terkagum-kagum dan menggugah hati semua orang, termasuk unsur pemerintahan dari Camat Sungai Tarab yang hadir pada saat pembukaan itu.. Skill dari Okky Warman dan kawan-kawan siswa kelas XI.IA.2 ini membuat warga mengguyuni lapangan bola Sitakuak, Sungai tarab. Okky juga akan mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika, bersama seorang teman lainnya, Roni Saputra yang juga dari kelas XI.IA.2, insya allah, kata Editiwarman, ketua panitia KBS ini.







Pemberian buah coklat dari kepala SMA N 3 Bsk kepada Camat Sungai Tarab,
yang selanjutnya diserahkan pada wali Jorong Sitakuak, Sungai Tarab, Tanah Datar


Sesuai dengan namanya Kemah Bakti Siswa, pada acara kali ini kami akan melakukan bakti pada masyarakat, khususnya di Jorong Sitakuak, Kec. Sungai Tarab, Tanah Datar. Kegiatan yang dilakukan diantaranya : Penanaman buah coklat, pengenalan lagu-lagu pramuka pada siswa SD yang ada di sekitar lokasi perkemahan, mencat dinding
halaman mesjid, pembenahan tempat pemandian umum dan lain-lainnya. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian siswa kepada masyarakat dan alam sekitarnya, tambah Martalius, pembina pramuka SMA N 3 yang aktif mengembangkan pramuka di sekolah ini. (Wildan Rasyid)

0 komentar:

Posting Komentar